Sabtu, 26 Juli 2008

TEKNIK PENDEDERAN LOBSTER DENGAN SISTIM BATREY UNTUK MENGATASI KANIBALISME


Abstrak

Budidaya udang lobster merupakan segment usaha yang sangat diminati oleh para petani pembudidaya, disamping memiliki nilai ekonomis yang sangat tinggi juga masih terbuka lebar peluang untuk pemasaran komoditas ini.
Minimnya informasi teknologi khususnya pada kelompok petani tradisional tentang pendederan lobster dan besarnya prosentase mortalitas yang diakibatkan oleh kanibalisme pada pendederan Khususnya benih ukuran 1cm – 5 cm menjadikan para petani pembudidaya beralih untuk menangkap lobster yang berukuran konsumsi. Untuk mengatasi hal tersebut balai budidaya laut lombok berupaya untuk mencari solusi dalam mengatasi kanibalisme pada saat benih baru diangkat dari alam.
Tujuan kegiatan ini adalah untuk mencari solusi dalam mengatasi kanibalisme pada pendederan udang lobster ukuran 1-5cm, dan untuk mendapatkan benih lobster (5 cm up) siap tebar di keramba jaring apung dengan jumlah yang memadai. Benih yang didederkan adalah benih yang didapat atau berasal dari alam, sehingga diperlukan seleksi yang ekstra untuk memastikan bahwa benih yang akan di dederkan memenuhi standart kelayakan untuk dibudidayakan, tidak cacat dan terindikasi terserang suatu penyakit, Ukuran benih yang kita tebar panjang 1-2 cm dengan berat rata-rata 0,5 -1 gram. Sistim batrey merupakan sistim skat berantai dengan sirkulasi air. Parameter yang digunakan acuhan adalah Tingkat kelangsungn hidup yang mencapai 95% (SR) dan pertumbuhan, keuntungan dari sistim ini bisa menekan kanibalisme dan dapat dijadikan acuan untuk penelitihan lobster, menyangkut komposisi nutrisi dan lain-lain. Kondisi lingkungan sangat berpengaruh terhadap kelangsungan hidup losbter. Kematian sering terjadi karena penanganan pada saat penyiponan.

LEBIH LENGKAP COUNTAC US

2 komentar:

4rockerdistro mengatakan...

mas bisa ajrin aq nda

K 351 T mengatakan...

ajarin apa mas???